03 Desember 2008

Applikasi Electronic Data Interchange (EDI) pada Health Care Industry

Pertukaran informasi bisnis saat ini masih ada yang menggunakan media kertas yang sering menimbulkan masalah keterlambatan pertukaran informasi dan penambahan personil sehingga menyebabkan ketidakefisienan dalam bisnis.
EDI adalah Pertukaran data komputer antar aplikasi melintasi batas-batas organisasi  sehingga intervensi manusia dapat ditekan seminimum mungkin.
EDI memiliki 3 komponen utama yaitu:
Pesan Standar
Teks yang memuat informasi dan aturan sebagai penterjemah dari satu atau lebih dokumen bisnis.Dalam EDI aturan untuk memformat dokumen elektronik disebut transaction set.Dokumen yang dipertukarkan harus terstruktur sehingga dapat dibaca dan diinterpretasikan oleh computer.
Perangkat Lunak
Berfungsi sebagai penterjemah dari pesan standar EDI ke dalam internal file format perusahaan penerima.
Komunikasi
Komunikasi dalam EDI dilakukan melalui antar mesin (komputer),sehingga diperlukan infrastruktur komunikasi.Bentuk infrastruktur komunikasi yang berkembang adalah Vale Added Network ( VAN).VAN adalah penyedia network dimana setiap pelanggannya menpunyai mailbox pada perusahaan VAN,sehingga pesan EDI dapat melalui e-mail.
EDI dapat diimplementasikan apabila ada suatu komuniti dimana didalamnya ada pihak yang disebut hub dan spoke.
Hub adalah pihak yang mewajibkan mitra kerjanya yaitu yang disebut spoke untuk menggunakan EDI.
St. Joseph Health System adalah organisasi kesehatan terbesar ke delapan di California dan Texas.
EDI digunakan oleh St. Joseph's Hospital selama beberapa tahun belakangan ini untuk mengatur applikasi tuntutan dan tagihan melalui elektronik.
Tujuan St. Joseph's adalah mengurangi biaya administratif dari penyediaan benefit karyawan dengan tetap meningkatkan level penyediaan pelayanan.

Sekarang, standard ANSI X12 EDI sudah digunakan pada 3 aplikasi elektronik terbaru, yaitu informasi kuitansi pembayaran, kuitansi farut dari supplier, dan pembayaran pinjaman dari bank.

Tidak ada komentar: