03 Desember 2008

KNOWLEDGE MANAGEMENT IMPLICATION IN CANON


Knowledge Management merupakan suatu paradigma pengelolaan informasi yang berasal dari pemikiran bahwa pengetahuan yang murni sebenarnya tertanam dalam benak dan pikiran setiap manusia.
KM bertujuan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajarindi dalam organisasi.
Komitmen Canon dalam inovasi dan mutu dapat dilihat pada fakta bahwa sekitar 7.9% turnover nya berasal dari bidang R&D. Dan sekarang perusahaan ini menempati posisi kedua dalam daftar hak paten di USA.
Perusahaan ini membangun portfolio pendapatan intelektual dan aset-aset yang tidak dapat dilihat, sehingga membuat mereka siap dalam menghadapi pesaing-pesaing di masa depan.
Sebagai salah satu Pemenang dari beberapa 2003 Global MAKE (Most Admires Knowledge Enterprises), Canon (dan beberapa big brands lainnya) memiliki 8 indikator persaingan yang sehat dalam hal KM, yaitu :
1. Creating a corporate knowledge driven culture
2. Developing knowledge workers through senior management leadership
3. Delivering knowledge-based products/solutions
4. Maximising enterprise intellectual capital
5. Creating an environment for collaborative knowledge sharing
6. Creating a learning organisation
7. Delivering value based on customer knowledge
8. Transforming enterprise knowledge into shareholder v

Tidak ada komentar: