CRM, apaan tuh? CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah proses yang diimplementasikan oleh suatu perusahaan untuk menangani hubungannya dengan pelanggan. Dengan menggunakan strategi bisnis ini hasilnya diharapkan akan mengoptimalkan tingkat keuntungan pendapatan dan kepuasan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan cara mengorganisasikan segmen-segmen pelanggan, mengarahkan organisasi agar berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan mengimplementasikan proses bisnis yang berfokus kepada pelanggan.
Salah satu perusahaan manufaktur yang udah menerapkan CRM adalah American Honda Motor Co., Inc. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1959. Kegiatan utamanya adalah memasarkan dan mendistribusikan produk-produk dari Honda dan Acura seperti mobil, motor, dan mesin-mesin lainnya. Implementasi CRM pada perusahaan ini dilakukan oleh Targetbase(SM), sebuah perusahaan penyedia aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Dengan diterapkannya CRM pada American Honda secara umum membantu kegiatan di Sales, Marketing dan Customer Service.
03 Desember 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar