02 Desember 2008

Enterprise Resource Planning (ERP)


Enterprise Resource Planning adalah perencanaan yang terintegrasi di suatu organisasi atau perusahaan, bersifat lintas fungsional, terdiri atas berbagai fitur dengan tujuan agar dapat merencanakan dan mengelola sumber daya organisasi dengan lebih efisien dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.
Dengan paradigma kebutuhan akan sistem informasi yang terintegrasi dan kebutuhan perusahaan akan ERP maka sekarang banyak perusahaan vendor ERP yang menawarkan software-software ERP dengan berbagai fitur yang ditawarkan, misalnya: SAP, Oracle, IFS, MFG/PRO, dan beberapa software lain yang ditawarkan sebagai altenatif open source seperti Compiere, Openbravo dan lain-lain.

Penerapan ERP di Perusahaan

PT. Java Jati Visions Raya (Java Jati)

PT. Java Jati adalah salah satu perusahaan manufaktur furniture dan desain interior Indonesia yang berdiri pada tahun 1993. Produk-produknya dipasarkan baik untuk pasar lokal maupun internasional, terutama pasar Amerika Serikat dan Eropa. Java Jati telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 , Quality management System , CE and UL Certification. Untuk dapat mengembangkan bisnisnya dan menghadapi tantangan yang ada, perusahaan Java Jati telah mengadopsi suatu produk ERP yang ditawarkan oleh SAP dengan tipe paket SAP Business One. Dimana paket Business One ini merupakan produk dari SAP untuk perusahaan kecil dan menengah yang dapat selesai diimplementasikan dalam waktu 1 hingga 3 bulan. Perusahaan Java Jati percaya bahwa SAP Business One akan membantu mempertajam visibilitas perusahaan dan meningkatkan daya saing perusahaan.

Tidak ada komentar: